Yang gengsi, yang bikin sakit hati..

Agustus 03, 2016

Photos by kirayaiba
     
     Apa kabar teman pembaca, semoga selalu dalam lindungan Tuhan YME.
Hi.. sesuai judul yaa "yang gengsi, yang bikin sakit hati", kenapa judulnya begitu, ini sedikit pengalaman aja yah, pernah dong pasti diantara kita yang merasa tidak dihargai, tidak didengar, tidak dilihat, atau hanya dipandang sebelah mata, entah itu karena pendidikan yang dikira masih dibawah para sang pegengsi, atau merasa muda si bau kencur yang disangka sok tau, atau dipandang sipegengsi sebagai orang yang salah alias pegengsi bergelar "SELALU BENAR", hal seperti ini pasti tidak pernah luput dari kita dikehidupan sehari-hari.
    
     Dan pendapat seperti itu ternyata tak bisa disangkal buat kita sakit hati, sedih, ataupun marah. Mau dikata apalagi, tapi orang tersebut (si pegengsi) memang selalu ada disekitar kita, entah teman, atasan, bawahan, kananan, kirinan, hehehehe.. 😛😛

     Hindari hal tersebut teman, karena sadar tak sadar kita membuat orang lain sakit hati, ini ciri dirimu si pegengsi :
1. Sulit meminta maaf, biasanya si pegengsi merasa tak harus ada yang dimaafkan darinya, dia merasa apa yang dia yakini adalah benar tanpa melihat sisi dari orang yang dia anggap salah.

2. Tak pernah salah, biasanya orang seperti ini merasa sudah sangat mahir, atau lebih tua karena merasa sudah banyak makan asam garam, atau ilmu yang dirasanya sudah sangat mumpuni, sampai-sampai tidak terlalu perduli dengan pendapat orang lain.

3. Kurang perduli kepada sesama, hal ini terjadi karena si pegengsi merasa apa yang dilakukannya atas usahanya sendiri, tak sadar bahwa manusia tak bisa hidup sendiri, tentu selalu ada orang lain yang berdiri, bicara, atau mengingatkannya.

4. Percaya diri berlebih, pegengsi akan selalu percaya bahwa pintarnya, pengalamannya, ucapannya, itu semua menurutnya akan selalu diterima orang lain, sebenarnya pintar dan baik adalah kombinasi yang cerdas bagi orang-orang disekitar. Jadi sepintar apapun orang tersebut, bila tak pintar menghargai orang lain rasanya sangat disayangkan.

5. Tak suka kritikan, pegengsi akan lebih mudah menolak kritikan orang lain, karena merasa sudah lebih dari cukup tentang apa yang dia lakukan.

     Baginya aku adalah aku, bukan dia, kamu ataupun orang lain, tapi tanpa disadari pegengsi hanya akan menyakiti orang-orang yang berusaha baik untuknya, teman mudah meminta maaf bukanlah hal yang hina, walaupun kalian merasa tak melakukan itu, mudahkan kata maaf agar semua mudah diatasi.
     
     Apakah kalian salah satu dari hal tersebut, renungkanlah, karena hal itu tak mudah dideteksi oleh diri sendiri.
"orang bijak tak pernah membuat kata-kata bijak, orang bijak selalu lebih banyak bertindak", by anonymous.

     Semoga kita bisa saling mengingatkan, bukan menghinakan. Salam hangat selalu dari author maaf bila ada ucapan yang kurang berkenan, kritik dan saran akan sangat membantu 😃😃..

You Might Also Like

0 komentar