Pegunungan Menoreh : Keindahan Alam yang Wajib Dinikmati

Agustus 06, 2016


Hello readers! Kali ini saya akan bahas mengenai satu tempat yang menarik banget buat dikunjungi, eh dieksplorasi maksudnya. Yup, Kali ini saya akan membahas pegunungan Menoreh. 

Mungkin bagi sebagian pembaca ada yang belum tau pegunungan Menoreh itu dimana. Hayo loh ngaku aja :p . Pegunungan Menoreh adalah suatu pegunungan yang membentang di selatan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pegunungan ini mencakup wilayah kabupaten Purworejo (Jawa Tengah), sebagian kabupaten Magelang (Jawa Tengah), dan kabupaten Kulon Progo (DIY).  
Jadi udah tau kan sekarang pegunungan Menoreh itu ada dimana. Eits, ternyata pegunungan Menoreh punya cerita sejarah juga lho. Dulu, pada saat perang Jawa (1825 – 1930) yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro melawan Belanda, pegunungan Menoreh ini dijadikan basis pertahanan oleh pasukan pejuang yang dimiliki Pangeran Diponegoro. Bahkan salah seorang putera Pangeran Diponegoro, Raden Mas Sadewo ditempatkan di pegunungan Menoreh ketika berjuang. 

Udah tau tempatnya dan sejarahnya, sekarang pasti banyak pembaca yang penasaran nih, apa sih yang menarik dari pegunungan Menoreh?  

Yang menarik dari pegunungan Menoreh itu tentunya keindahan alamnya. Pegunungan Menoreh terbentuk karena adanya aktivitas yang dihasilkan oleh tenaga endogen dan eksogen. Dan aktivitas yang berlangsung selama ribuan tahun itu menghasilkan banyak penampakan alam yang indah seperti goa, air terjun, dan jurang.  
Ada banyak sekali tempat yang wajib dikunjungi di pegunungan Menoreh. Berikut adalah beberapa tempat tersebut : 
  1. Goa Seplawan (Kabupaten Purworejo) 
(pemandangan di dalam goa Seplawan, menantang buat ditelusuri)
(pemandangan dari gardu pandang goa Seplawan)
  1. Puncak Suroloyo (Kabupaten Kulon Progo) 
(Puncak Suroloyo, Puncak tertinggi di Pegunungan Menoreh)
(sumber)
  1. Curug Silangit (Kabupaten Purworejo) 
(Pemandangan curug Silangit yang masih asri & alami)
  1. Hutan Wisata Kalibiru (Kabupaten Kulon Progo)
    (Hutan Wisata Kalibiru, tempat yang pas buat refreshing)
    (sumber
     
Bukannya mau sombong ya, tapi sebenarnya masih banyak banget keindahan alam dari pegunungan Menoreh yang keren. Banyak juga hasil bumi yang jadi unggulan daerah yang datangnya dari pegunungan Menoreh. Tapi sengaja saya cut biar postingan ini nggak kepanjangan. Dan akan saya teruskan di postingan selanjutnya. See you... :)

You Might Also Like

0 komentar