Tips Menurunkan Berat Badan Bersama Tokopedia

November 24, 2016

Untuk menurunkan berat badan sebenarnya sederhana, kamu harus menggunakan kalori dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan kalori yang masuk ketubuhmu. Jika kamu konsisten melakukan hal ini, kamu akan memangkas berat badan secara perlahan dalam jangan waktu yang panjang. Teknik ini biasa dikenal dengan sebutan CICO, atau “Calories In, Calories Out”. Calories In adalah makanan yang kamu makan, dan hal yang sepenuhnya berada dalam kontrolmu, jadi hal inilah yang seharusnya jadi fokus dalam rencana penurunan berat badan.


Langkah-langkah dibawah adalah langkah yang simple untuk memulai proses penurunan berat badan yang berkelanjutan. Mari kita lihat.

Mulai dari sekarang!

Jangan pernah menunggu datangnya hari yang sempurna untuk memulai dietmu, karena hari yang kamu nanti itu takkan pernah datang menyapa. Jangan pernah berpikir bahwa dihari esok kamu akan lebih termotivasi untuk diet, motivasi dan semangat itu selalu datang dan pergi. Jangan juga menunggu sampai kamu mengetahui segalanya tentang cara menurunkan berat badan, karena kamu sedang tidak menulis tesis atau skripsi tentang hal ini, dan sesungguhnya hari itu juga takkan pernah datang. Kamu juga tidak memerlukan rencana diet dan rencana olahraga yang sempurna. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mulai dari sekarang! Bukan minggu depan, bukan besok, bukan juga satu jam lagi, tapi sekarang. Dan terus memperbaiki hal yang kamu lakukan setiap harinya.

Minggu 1: Konsisten mencatat seluruh makanan dan minuman yang dimakan 

Inti dari metode CICO ini terletak pada pengontrolan jumlah asupan kalori yang masuk ke tubuh setiap harinya. Sehingga tentunya kamu butuh cara agar tahu berapa kalori yang terdapat disetiap makananmu. Oleh karena itu, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya jika kamu mendownload aplikasi pencatatan asupan makanan, aplikasi-aplikasi seperti ini biasanya dilengkapi dengan database yang super komplit mengenai informasi kalori dari setiap makanan diseluruh penjuru dunia. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah MyFitnessPal. Namun tentunya ada aplikasi-aplikasi lain yang juga bermanfaat seperti Lose It!, DailyBurn, atau FatSecret. Up to you mau pakai yang mana, sesuai selera.

Untuk minggu pertama, kamu cukup mencatat seluruh asupan makananmu secara konsisten setiap harinya. Tak perlu khawatir akan jumlah kalori yang kamu makan. Biasakan dirimu untuk terus mencatat, biasakan diri untuk melihat kandungan kalori dari setiap kemasan makanan/minuman yang kamu beli, timbang berat makanan yang kamu makan agar lebih akurat.

Bisa dipertimbangkan untuk menggunakan food scale guna mengukur porsi makanmu, paling tidak untuk beberapa bulan pertama, sampai pada akhirnya kamu sudah bisa mengira-ngira porsi makananmu dengan akurat tanpa perlu menimbangnya lagi.

Tentunya kamu bisa beli timbangan makananmu di Tokopedia, bisa langsung dicek delink berikut ini https://www.tokopedia.com/p/dapur/peralatan-dapur/timbangan-dapur. Pilih seller yang terpercaya, dan pilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Dari detik ini dan saat ini, catat semuanya apapun itu yang kamu makan. Hidup tentunya penuh dengan perubahan-perubahan tak terencana. Namun apapun yang terjadi teruslah mencatat asupan makanmu, jika kamu konsisten mencatat, artinya kamu belum berhenti dan menyerah dari rencana dietmu. Tujuan akhirnya bukanlah untuk memiliki catatan asupan makanan yang sempurna, tujuan akhirnya adalah untuk mendapatkan informasi yang akan meningkatkan awareness-mu untuk mengontrol jumlah asupan makanan setiap harinya. Jadi jangan pernah berhenti dan menyerah. You’re not a loser, are you?

Minggu kedua: Tentukan Target Jumlah Kalorimu Setiap Harinya

Begitu kamu terbiasa untuk mencatat, kamu bisa mulai memfokuskan diri untuk meraih jumlah kalori yang kamu targetkan. Masukkan jumlah penurunan berat badan 1kg/minggu (penurunan berat badan yang direkomendasikan setiap minggunya agar tidak mengganggu aktivitas) pada aplikasi pencatatan, dan kamu akan disajikan dengan informasi berapa asupan kalori maksimum yang bisa kamu cerna setiap harinya. Untuk minggu kedua ini, lakukan yang terbaik untuk meraih target yang sudah diset, jika tidak bisa paling tidak kamu hanya kelebihan 100 kalori setiap harinya.

Berikutnya ambil gambar dirimu, dan mulai mencatat berat badanmu setiap harinya. Namun ingat, berat badan fluktuatif setiap harinya, oleh karena itu catat berat badanmu setiap harinya untuk dapat melihat trend penurunan/kenaikannya dalam jangka waktu yang panjang.

Jika kamu belum punya timbangan badan, kamu juga tentunya bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia. Langsung saja meluncur ke link berikut ini https://www.tokopedia.com/p/kesehatan/obat-alat-kesehatan/timbangan-badan

Minggu ketiga dan seterusnya: Lakukan perubahan kecil nan positif setiap minggunya
 
Untuk penurunan berat badan agar bisa permanen, rencanamu haruslah sustainable, alias bisa dipertahankan dalam jangka waktu yang panjang. Lebih baik melakukan perubahan kecil yang terus menerus agar kamu bisa menciptakan gaya hidup dan pola makan yang lebih baik. Terlalu jor-joran dan diet secara berlebihan memang akan memberikanmu hasil yang cepat dan penurunan berat badan yang drastis beberapa saat setelah kamu memulai diet, namun lebih besar pula kemungkinannya untuk kamu kembali ke berat badan sebelum kamu memulai diet jika kamu tidak konsisten.

Setiap minggunya mulai saat ini, lakukan perubahan kecil pada pola hidupmu. Harap diperhatikan, bahwa lebih mudah untuk menggantikan sesuatu daripada menghilangkannya sama sekali. Beberapa contohnya: 
  • Ubah cemilan malammu yang sebelumnya adalah makanan cepat saji atau snack ringan dengan apel atau buah-buahan lainnya
  • Ubah lauk makanan pendampingmu yang sebelumnya adalah gorengan dengan sayur-sayuran
  • Ubah nasi putihmu dengan nasi merah
  • Daripada kamu naik ojek setiap harinya, tempuh perjalanan jarak dekatmu dengan berjalan kaki beberapa hari dalam setiap minggu

Dan masih banyak lagi hal lainnya. Gunakan catatan asupan makananmu dari beberapa minggu sebelumnya untuk melihat dimana kamu bisa melakukan perubahan kecil yang bermakna buat mencapai tujuan penurunan berat badanmu.

Manfaatkan Tokopedia untuk mencari menu dan bahan makanan yang lebih sehat dan lebih rendah kalori. Seperti misalnya membeli beras merah https://www.tokopedia.com/hot/beras-merah.

Atau membeli makanan dan minuman kesehatan lainnya disini https://www.tokopedia.com/p/makanan-minuman/makanan-minuman-kesehatan

  
Butuh alat fitness? Atau alat olahraga lainnya guna menunjang proses penurunan berat badanmu? Tentu saja semuanya bisa didapatkan di Tokopedia. Langsung saja masuk ke link ini https://www.tokopedia.com/p/olahraga/gym-fitness.


Mari hidup sehat bersama Tokopedia. Karena apapun bisa dicari disana.

Jadi, sudah cek Tokopedia belum?

You Might Also Like

0 komentar