Melangkah Bersama Tokopedia Sebagai Nakama

Desember 27, 2016


Siapa sih yang tidak bangga bisa diterima bekerja di Tokopedia, salah satu perusahaan marketplace terbesar di Indonesia ini? Ya, kami hanyalah 5 dari 55 orang Nakama batch 16 yang baru diangkat menjadi karyawan dan keluarga baru Tokopedia pada awal bulan Desember lalu. Bahkan, menurut salah satu coach di Nakama Academy, diketahui bahwa Tokopedia tidak hanya akan menjadi sekadar marketplace. Namun, sesuai dengan visinya yaitu untuk memajukan Indonesia melalui internet, Tokopedia akan menamakan dirinya sebagai sebuah technology company. Artinya, Tokopedia tidak hanya akan berkutat pada marketplace business, namun akan lebih melebarkan sayapnya memberi inovasi-inovasi dalam bidang teknologi lainnya. Tentu saja itu semua untuk membangun bangsa ini. Wow banget kan? Siapa yang gak bangga bisa menjadi satu per-sekian persen yang turut membantu Tokopedia dalam berinovasi!

Sebagai millenial, kami sangat bangga dan terhormat dapat terpilih sebagai Nakama Tokopedia, terutama setelah mendengarkan bahwa kami termasuk 55 org yg terpilih dari sekitar 40000 pemohon kerja di tokped, yakni hanya sekecil 0.001% saja pelamar yang diberikan kesempatan untuk menjadi pekerja tetap Tokopedia, kami merasa lbh semangat dan terhormat untuk bisa bekerja sama sebagai Newkama dan potensi Nakama, mantap!

Itulah euforia kami berlima yang baru saja dinyatakan lolos dan diterima bekerja sebagai karyawan baru di Tokopedia. Sebut saja kami Nakama, karena begitulah kami dipanggil dan memanggil satu sama lain. Nakama sendiri memang merupakan panggilan khusus bagi para karyawan di Tokopedia. Mengadopsi dari bahasa Jepang … (sejarah penamaan Nakama). Terkhusus lagi untuk kami yang benar-benar baru bekerja di Tokopedia ini, kami disebut Newkama. Nakama baru!

Sebelum memasuki keseharian sebagai Nakama, kami mendapatkan bimbingan kilat khusus untuk memperdalam product knowledge tentang Tokopedia dan segala seluk beluk yang akan kami hadapi sehari-hari selama bekerja di Tokopedia. Program ini dinamakan Nakama Academy. Kebetulan, kami adalah angkatan ke 16 ata disebut dengan Nakama Academy Batch 16. Sudah enam belas aja ya? Time flies!

Sebelum lebih panjang lagi kami bercerita bagaimana kehidupan sebagai Nakama, jinkan kami berkenalan satu persatu ya :D


Bang Anton, si iOS Developer yang Tidak Mau Dipanggil “mas”


Nah untuk anggota pertama nakacrow batch 16 yang kebetulan paling senior adalah Heni Kurniyanto alias bang Anton, seorang ios developer yg ingin belajar lebih dalam soal business to business (b2b) dan mengembangkan ilmu customer to customer (c2c) lewat aplikasi. Selain mempelajari 2 metode e-commerce yang sudah disebutkan, bang Anton juga ingin mengetahui soal situasi marketplace yang sedang terjadi di tahun ini sekaligus juga bisa berkembang dan mengasah skill sendiri. (salam jempol dari bang Anton di video Nakacrow#16) :DDD

Putra si Hitam Manis dari Customer Care

Putra

Selanjutnya, kita mau kenalin nih sama Putra Selamet, alias Si Hitam Manis dari posisi Customer Care hahahah. Nah salah satu alasan Putra memilih untuk bergabung dengan Tokopedia adalah untuk mempelajari marketplace secara umum dan juga marketplace Tokopedia lebih luas. Selain itu, ia juga ingin tertarik pada perkembangan Tokopedia, dari awal Tokopedia di bangun sampai proses kemajuannya dari dulu sampai sekarang dan seterusnya. Secara singkatnya, Putra ingin mengetahui Tokopedia lebih baik secara keseluruhan.

Natalia, Quality Assurance yang Selalu Serius dan Tegas

natalia

Natalia, anggota ke-3 nakacrow batch #16 yang biasa dipanggilnya Nat atau Natali yang sering bicara dengan nada datar ini adalah seorang fresh graduate yang memulai karir bekerja secara resmi di Tokopedia sebagai bagian dari Quality Assurance (QA). Alasan pertama si QA ini memilih Tokopedia adalah Ia melihat tokopedia sebagai perusahaan marketplace yg terpecaya yang melihat softskill orang juga dan bukan hanya hard skill. Seperti anggota yang lainnya, Nat ingin mengasah skill diri sendiri tetapi sebagai QA dan mengkontribusi kepada kemajuan Tokopedia. Selain itu, ia juga ingin mengetahui lebih banyak tentang Tokopedia, terutama soal customer to customer (c2c) dan sistem kinerja marketplace. :D

Shinta, Community Specialist yang Cair 

shinta

Untuk anggota yang ke-4 ini adalah Shinta Arum Suffia, seorang Community Specialist yang memberi semangat dengan senyum yang cerah xD. Ia tertarik untuk bergabung dengan Tokopedia karena adanya Growth mindset, yang menganjurkan anggotaya untuk menjadi lebih baik dan maju bersama. Menurut Shinta, Tokopedia adalah tempat yang cocok untuk berkembang dan memperkuat ilmu tentang komunitas itu sendiri. Selain tentang komunitas yang berhubungan langsung dengan posisi yang ia miliki, Shinta juga tertarik terhadap ilmu pengetahuan start up dan marketplace. 

Ula si Desainer UI/UX yang Imajinatif 

ulaaa





Untuk yang terakhir nih ada Idwan Ula si desainer UI/UX yang kreatif. Ia bergabung dengan clan crow lebih telat dibanding anggota lainnya pada hari ke3 Nakama Academy, namun kontribusinya terhadap clan sepanjang hari-hari Nakama Academy sangat diapresiasikan, terutama saat kami melihat imajinasinya sewaktu tugas mengrepresentasikan Tokopedia dengan gambar. Sebagai seorang yang menyukai UI/UX, ia merasa Tokopedia bisa semakin maju dan meningkat, terutama di bagian user interface Tokopedia yang penting untuk customer karena dari UI lah yang menggambarkan “wajah” marketplace online dan juga produk Tokopedia lainnya.

Walaupun jumlah kami jauh lebih sedikit dibandingkan batch sebelumnya seperti clan #14 dan #15, kami berharap dan berusaha untuk dapat mengkreasikan kejayaan Clan Crow dan maju bersama Tokopedia secara grup dan individual. Sekian inilah 5 Newkama berbeda yang membangun Clan Crow batch #16, yang masing-masing memiliki keunikannya sendiri tetapi akan bersatu untuk membuat Tokopedia dan diri sendiri semakin baik! Mari kita melangkah bersama sebagai sesama Nakama untuk mengharumkan Indonesia via Internet!



Untuk melihat video What's our Purpose clan crow batch 16 bisa dilihat di link dibwh ini: (tak ada Ula karena dia bergabungnya pada hari ke3 Nakama Academy, video ini dibuatnya pas hari ke2) :"D



You Might Also Like

0 komentar