Rahasia Memulai Bisnis Fashion Tanpa Modal

Desember 28, 2016

Source: http://api.shopstyle.com/action/apiVisitRetailer?id=487029241&pid=uid9796-26169286-31


Satu diantara banyak permasalahan mendasar untuk memulai bisnis sendiri adalah masalah modal. Bisnis fashion memang erat kaitannya dengan modal besar karena rotasi fashion yang amat cepat, yang menuntut kita untuk selalu memperbarui produk kita. Namun, bagi kamu pemula bisnis jangan takut untuk mencoba dulu deh! Dengan memadukan kecanggihan internet, kemajuan teknologi, dan kemampuan membaca peluang, Tokopedia bisa mewujudkan cita-citamu untuk memulai bisnis fashion tanpa modal.

Pemikiran lama bahwa untuk memulai bisnis harus diawali dengan langkah memiliki modal mungkin masih kita bawa hingga sekarang. Tapi di era serba canggih seperti ini modal bukanlah halangan kita untung memulai bisnis. Internet telah menyuguhkan banyak kemudahan akses pengetahuan bagi kita. Modal pengetahuan dapat kita ambil secara gratis dari berbagai sumber disana. Kita bisa belajar banyak pengetahuan tentang fashion dari website fashion seperti polyvore.com dan style.com. Sedangkan untuk modal materialnya seperti produk fashion itu sendiri kita juga bisa dapatkan di internet secara juga loh. Gak percaya?


Menjadi dropshipper produk fashion adalah kunci.
Yup! Dropshipper adalah orang atau agen yang menjual informasi dari produk yang dijual oleh supplier (penyedia barang). Oleh karena itu, seorang dropshipper tidak memiliki barang untuk dijual namun cukup informasinya saja. Hal ini menjadi pembeda antara dropshipper dan reseller dimana menjadi reseller berarti kamu harus memiliki barangnya untuk dijual kembali. Sedangkan menjadi dropshipper, mudah saja, kamu hanya cukup memiliki informasi produknya dan menjualkan produknya.Sedangkan nanti saat ada pembeli yang hendak membeli barangnya kita hanya tinggal menghubungi supplier untuk mengirimkan barang yang dibeli ke alamat pembeli kita dengan memberi nama toko kita sebagai pengirimnya. Sesederhana itu :D Kamu bisa baca tips dan trik menjadi dropshipper di Tokopedia juga untuk memperdalam ilmu tentang dropship ini sebelum memulai bisnis fashion tanpa modal kamu.

Karena memakai sistem dropship, kamu tidak perlu pusing membuat toko dimana. Online store saja sudah cukup.
Hal yang paling menyenangkan dari era canggih ini adalah terbukanya kebebasan kita untuk menciptakan peluang kita sendiri. Peluang bisnis fashion tanpa modal dengan cara dropship ini hanya bisa kita lakukan secara daring atau online. Toko yang perlu kita miliki adalah sebuah galeri fashion online berisi katalog dan informasi detail dan spesifik barang tersebut. Semua peluang dan kemudahan itu tentu bisa kita temui di Tokopedia yang memberikan ruang kepada siapa saja untuk menciptakan peluang bisnisnya sendiri dalam bentuk wadah berjualan online yang aman dan nyaman.
Tinggal mendaftar di Tokopedia kita bisa langsung jadi seller sekaligus buyer dan langsung bisa mengisi etalase jualan kita dengan produk yang akan dijual. Jika kita ingin menjual baju, langkah pertama berikutnya yang perlu kita lakukan setelah menentukan suppliernya adalah mengunggah gambar bajunya dan menambahkan deskripsinya sesuai dengan yang ada di supplier. Dan avoila! Jadilah toko atau butik fashion online kita. Mudah dan praktis bukan memiliki toko sendiri?

Tak perlu repot-repot lagi kita harus membeli barang fashion sebagai modal awal berjualannya. Modal kamu cukup katalog.
Satu lagi keunikan bisnis fashion adalah keberagaman produknya. Saat kamu ingin berbelanja produk apapun, apa sih yang akan kamu cari? Model barang dan harganya bukan? Iya, dua informasi tersebut menjadi dasar informasi yang akan dibutuhkan oleh calon pembeli. Nah, untuk menjawab kebingungan itu semua akan terjawab oleh adanya sebuah katalog barang. Begitu juga dengan produk fashion.

Untuk melihat apa saja yang akan dicari oleh calon pembeli, kita perlu menempatkan diri sebagai pembeli tersebut. Anggap saja kita kan memulai bisnis baju hijab, maka katalog yang perlu kita cari adalah model hijab seperti apa, warnanya, jenis bahannya, ukurannya dan yang paling penting adalah harganya berapa. Katalog diharapkan dapat menjawab pertanyaan yang muncul dari calon pembeli tentang produk yang akan dibelinya. Oleh karena itu, katalog produk yang bagus adalah katalog yang bisa menyajikan informasi produknya secara terperinci atau detail. Jadi, selain menentukan toko mana yang akan menjadi supplier, membuka toko online, tugas kita selanjutnya sebelum memulai berjualan adalah membuat katalog barang yang lengkap untuk produk yang kita jual di toko kita.
Tapi tenang saja, berjualan online di Tokopedia tidak akan merepotkan kamu karena kamu bisa mengupdate katalog sesuai kategori fashion kamu kapan saja.

Karena semuanya dikerjakan secara daring, kamu tak perlu pusing dimana dan kapan harus membuka atau menutup toko.
Tentu saja, ini menjadi keuntungan tersendiri yang hanya bis didapat dari sebuah toko online. Tidak perlu bingung kapan harus membuka dan menutup toko sebab di Tokopedia kita bisa mengatur waktu operasional toko dan mengecek tokonya selama 24 jam. Misalnya kamu ingin pada hari Minggu masih ingin berlibur sambil berjualan. Bisa banget! Selama masih ada akses internet jualan kamu akan tetap bisa dipantau kapan saja dan dimana saja :)

Dengan sistem dropship, keuntungan yang ingin didapat bisa kita atur sesuka hati. Wah!
Memasang harga bukanlah urusan yang mudah. Namun dengan menjadi sropshipper berarti kamu bisa memainkan harga sesuai dengan kemauan kamu sendiri. Kok bisa?
Sebelumnya saat kita menjadi dropshipper telah diajarkan cara memilih supplier dengan tujuan kita dapat memilih supplier mana yang dapat memberikan harga terjangkau saat barang akan kita jual kembali dengan harga yang telah dianikkan dengan sejumlah nominal keuntungan yang ingin kita raup dari tiap penjualannya.
Katakanlah di toko A supplier memasang harga sebuah scarft hijab Rp. 80.000,00 untuk satu barangnya, maka kita bisa menaikkan harganya menjadi Rp. 90.000,00 atau terserah kita dengan mempertimbangkan berapa keuntungan yang ingin kita ambil dan mempertimbangkan juga harga di pasaran agar tidak terlalu 'tidak masuk akal' karena dianggap kemahalan. Jadi, meskipun sesuka hati tapi berikan harga yang rasional juga.


Sudah jadi rahasia umum bahwa fashion adalah bisnis yang menjanjikan dan tak pernah mati.
Dari sekian banyak alasan kenapa kamu harus mencoba bisnis fashion tanpa modal, alasan ini adalah alasan yang paling masuk akal. Bisnis fashion adalah salah satu jenis bisnis yang tak akan pernah mati. Setiap waktu fashion akan selalu berubah mengikuti trend yang sedang ada, berganti dari waktu ke waktu menjadi pembeda satu era ke era lainnya. Setiap masanya fashion menjadi penting dan 'kekinian' sebab fashion dianggap sebagai penanda setiap jaman. Siapa yang tidak fashionable bisa dianggap kuno atau ketinggalan jaman.

Selain itu, jika dilihat dari sisi bisnis sendiri peluang bisnis fashion amatlah besar. Perputaran jenis barang akan terjadi secara dinamis karena orang akan memburu mana yang terbaru dan mana yang terkini. Disamping itu bisnis fashion juga amat beragam. Pakaian, sepatu, topi, hijab, tas, merupakan beberapa dari banyak sekali bisnis fashion. Oleh karena itu, tak salah jika fashion menjadi bisnis yang menjanjikan.


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, berbisnis fashion ternyata sangat mudah dan bahkan tidak membutuhkan modal. Ditambah lagi oleh kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh fitur-fitur yang ada online marketplace seperti Tokopedia. Jadi mengapa masih ragu untuk memulai bisnis fashionmu?

Sources:
1. Dropship http://fredicksonsinaga.blogspot.co.id/2013/05/perbedaan-antara-reseller-dan.html

You Might Also Like

0 komentar