Nakama Academy - Membina Keluarga Baru di Tokopedia

November 09, 2016

During September 2016.
From 47.212 candidates.
500ish were interviewed.
58 were given the opportunity to join Tokopedia.
We are 0.1% of people who lucky enough to become a family here.
-Coach Nakama Academy-

Kata-kata magis tersebut menyambut kami semua, 65 orang yang beruntung bisa diterima sebagai pegawai terbaru Tokopedia. Kami semua datang dari tempat dan latar belakang yang berbeda, memiliki skill set yang berbeda, dibekali sudut pandang yang berbeda, namun kami semua hari itu hadir untuk satu tujuan yang sama, Nakama Academy.



Apa sih sebenarnya Nakama Academy itu? Kalian bisa mencari tahu tentang Nakama Academy di tulisan Nakama Academy Ini. Tapi tenang saja, tulisan dibawah ini juga akan menjelaskan apa itu Nakama Academy. So fasten your seatbelt and be ready to enjoy the ride.

Singkatnya Nakama Academy adalah sebuah program yang diperuntukkan bagi seluruh karyawan baru Tokopedia guna mengenal kultur dan budaya dari Tokopedia itu sendiri. Diharapkan setelah Nakama Academy selesai didada masing-masing karyawan baru ini sudah tersemat DNA Tokopedia, dan siap terjun bahu membahu membangun Tokopedia, yang mana secara tidak langsung turut membangun Indonesia juga.


Tokopedia alongside our heart

Sebelum kita melangkah lebih jauh, di Tokopedia tidak mengenal istilah karyawan, istilah yang umum digunakan adalah Nakama. Oleh karena itu nama acaranya adalah Nakama Academy. Akan tetapi untuk kami yang baru bergabung ini, istilah Nakama sedikit dipelintir menjadi Newkama. Istilah Nakama sendiri terinspirasi dari One Piece, manga fenomenal asal Jepang yang digemari oleh Pak William Tanuwijaya, sang pendiri Tokopedia sekaligus CEO nya saat ini. Artinya kurang lebih:

Nakama / noun /

Comrade, Friends, True Companions.
Nakama implies a much stronger or deeper friendship, and usually refers to someone who is like family. While it originated to mean a colleague or someone of like-minded-ness or purpose.

Nakama Academy kali ini adalah Batch ke 15, dan konon katanya memiliki jumlah peserta yang terbesar dalam sejarah Nakama Academy dengan 65 orang peserta. Salah seorang coach bahkan berkata, bahwa 3 tahun yang lalu ketika ia masuk ke Tokopedia, jumlah Nakama didalamnya bahkan lebih sedikit dibanding total orang yang sekarang mengikuti Nakama Academy. Bisa kebayang dong betapa pesatnya pertumbuhan Tokopedia.

Clan

Di Nakama Academy, untuk memudahkan proses pembelajaran seluruh newkama akan dibagi kedalam 7 clan yang sudah turun temurun ada di Tokopedia.. Proses pembagian Clannya acak saja, kami disuruh berbaris membentuk 10 kolom, kemudian orang yang berdiri pada baris/shaf yang sama otomatis tergabung kedalam satu clan. Tugas clan ini berikutnya adalah memilih nama clan apa yang paling merepresentasikan kelompok dan akan digunakan selama Nakama Academy.

Inilah pilihan clan-clan tersebut.
  1. Bear
  2. Crow
  3. Sugar Glider
  4. Dragon
  5. Milipede
  6. Comodo
  7. Wolf
Pada akhirnya kami memutuskan untuk memilih Crow sebagai nama Clan kami. Kenapa Crow? Karena kami ingin terbang bebas diangkasa. Mengudara yang tinggi tiada batas, dan bersama-sama mengangkat Tokopedia menuju kejayaan. Kami percaya kami mampu, dan oleh karenanya Crow cocok menjadi identitas kami.

Clan Crow terdiri atas 10 newkama dari berbagai macam latar belakang yang semuanya baru saling mengenal satu sama lain saat itu. Meskipun demikian kami langsung menyadari bahwa lamanya perkenalan bukanlah sebuah faktor penghalang, didetik pertama ketika kami semua bertukar pandangan ikatan emosional langsung terjalin dengan sendirinya, dan sampai kapanpun takkan lekang dimakan waktu dan zaman.



Clan Crow Batch 15 Full Team

Atas (ki-ka): Yohanes Bimo Dwi Putranto Suyadi, Raymond Steven, Iwan Hartono, Fransiskus Rendratmojo, Teuku Zulfikar Amin

Bawah (ki-ka): Weny Cheng, Sri "Iie" Rahayu, Amnesti Marta Suri, Atika Suri, Mesquita "Kiki" Handayani Prasetyo

Penjelasan Function di Tokopedia

Di Nakama Academy, kami disuguhkan penjelasan dari masing-masing function yang ada di Tokopedia. Tanpa terkecuali. Penjelasannya menyangkut apa saja yang dilakukan oleh function tersebut. Apa kendala yang biasa mereka hadapi sehari-hari hingga pengalaman-pengalaman unik yang terjadi selama mereka bekerja.

Yang hebat adalah pemberi materi alias coach dari masing-masing function tidak melulu orang yang sudah makan asam garam di bidang tersebut. Bahkan karyawan yang baru bergabung dalam hitungan bulan pun bisa langsung tampil menjelaskan bagian pekerjaannya. Hal ini menunjukkan bahwa di Tokopedia tidak pernah memandang senioritas, semua orang bisa berkontribusi bahkan dari detik pertama sejak ia bergabung di Tokopedia. Jika kamu mau mengembangkan diri dan amat suka tantangan, Tokopedia bisa jadi pot dan tanah untuk kamu tumbuh subur.

DNA Tokopedia

Disela-sela pemberian materi tentang penjelasan function, perlahan namun pasti DNA Tokopedia diselipkan dan disisipkan. Bahkan sampai akhir Nakama Academy, materi mengenai DNA ini terus diulang oleh setiap coach yang memberikan materi, sampai pada akhirnya otak kita hapal akan hal tersebut, dan tubuh kita dengan sendirinya memancarkan aura DNA Tokopedia dengan tulus dan ikhlas.

Sebenarnya apa sih DNA Tokopedia? Gambar dibawah bisa menggambarkan keseluruhan DNA Tokopedia yang ada 3, Focus on Customer, Growth Mindset, dan Make It Happen, Make It Better!



DNA Tokopedia

Perusahaan akan bisa meroket dan terus berkembang ketika kultur dan budaya yang ada didalam perusahaannya berjalan dan mengakar diseluruh karyawannya. Sekarang Tokopedia sudah memiliki DNA yang sangatlah bagus, tinggal peran dari seluruh Newkama dan Nakama untuk mengimplementasikan, jangan sampai DNA tersebut hanya jadi pemanis dinding dan hiasan ruangan belaka. Namun kami yakin, selepas Nakama Academy DNA Tokopedia sudah terpatri di hati.

Meet the Management

Pernah ga sih para pembaca bekerja disebuah perusahaan namun sampai akhir hayat bertemu dengan manajemen terlebih yang levelnya direktur hanya berada di angan mimpi? Atau mungkin kalian hanya bertemu dengan manajemen diacara ulang tahun kantor itupun tak ada interaksi langsung yang bermakna?

Hal itu sayangnya tak berlaku di Tokopedia.

4 hari setelah newkama masuk ke Tokopedia, kami langsung bisa berinteraksi langsung dengan kedua co-founder dari Tokopedia yaitu Pak William Tanuwijaya dan Pak Leontinus Alfa Edison. Kami boleh bertanya, bahkan bebas menanyakan apapun. Interaksinya hidup sekali, dan hal itu membuat kami menjadi semakin yakin akan Tokopedia dan masa depannya.



Sesi Foto bersama Pak Leon

Ada beberapa quote yang menarik yang kami dengarkan dari sesi ini. Salah dua yang paling mengena adalah berikut:

We are the luckiest generation ever.
In the internet era, everyone, even the underdog has the chance to challenge the status quo, stand against all odds, survive, and eventually win.
-William Tanuwijaya, CEO Tokopedia-
Hidup manusia pada umumnya itu seperti orang yang sedang juggling 5 bola, pekerjaan, keluarga, teman, kesehatan, dan integritas.
-William Tanuwijaya, CEO Tokopedia-
Disesi yang sama bahkan kami juga sempat mempresentasikan langsung kedepan para co-founder ini apa itu Tokopedia versi Clan Crow. Tentunya ini jadi pengalaman pertama yang sangat berkesan dan menancap di hati.



Mempresentasikan Tokopedia versi Clan Crow

Overall, Nakama Academy sudah menjadi salah satu bagian dari hidup kami yang tak terlupakan. 4 hari bersama 64 anggota keluarga yang baru. Membina cinta dan persahabatan tiada batas. Saat ini kami sudah menjadi satu keluarga besar. Selanjutnya giliran kamu! Cek Tokopedia Careers sekarang juga. Let's shape a better Indonesia using Internet!

You Might Also Like

0 komentar