7 Tips Sukses Berjualan Online Bagi Pemula

November 12, 2016

Perkembangan teknologi yang begitu cepat tentunya membawa beberapa perubahan dalam gaya hidup manusia. Salah satunya adalah mengubah cara berbelanja yang saat ini mulai beralih dari berbelanja langsung didepartment store, toko fisik, atau mall menjadi berbelanja online. Menurut Kominfo disalah satu artikelnya, pengguna smartphone di Indonesia akan menembus angka 100 juta pengguna ditahun 2018. Kemudian fakta bahwa Indonesia adalah salah satu negara pengguna sosial media terbesar didunia. Ditambah lagi kenyataan pahit bahwa Indonesia khususnya Jakarta dari tahun ketahun semakin parah tingkat kemacetannya. Ketiga hal diatas menunjukkan besarnya potensi dari bisnis online di Indonesia.

Oleh karena itu tentunya sayang dong kalo kita hanya jadi penikmat pasif belaka sudah saatnya kita mulai belajar bagaimana cara berjualan online. Mari mulai buka toko online-mu! Sebagai bekal dibawah ini kita kasih 7 tips sukses berjualan online bagi pemula.


1. Tentukan produk jualanmu

Sebagai pebisnis pemula, untuk mempermudah menggaet pelanggan salah satu caranya adalah dengan menjual produk-produk yang populer dan banyak dicari masyarakat. Kamu bisa mulai riset produk apa saja yang sedang booming di pasaran. Dengan demikian pembeli akan lebih banyak yang berseliweran di toko onlinemu. Selain itu kamu juga bisa menjual produk yang sesuai dengan hobby-mu, dengan demikian kamu akan lebih semangat untuk berjualan. Dan kamu bisa mulai menawarkan produk daganganmu ke komunitas-komunitas yang mempunyai hobby serupa. Selain itu jika kamu tidak memproduksi sendiri barang daganganmu, atau tidak menyediakan stock produk tersebut, kamu bisa mulai berjualan online dengan cara dropship atau menjadi reseller dari toko-toko yang sudah ada sebelumnya.

2. Cari tempat berjualan yang tepat

Setelah menentukan produk yang akan dijual, kamu tentunya harus menentukan dimana kamu akan berjualan online. Pemilihan tempat berjualan online ini krusial, karena akan menentukan seberapa banyak kemungkinan orang yang akan mengunjungi toko onlinemu, dan pemilihan platform yang tepat akan membuat orang merasa aman untuk bertransaksi di tokomu. Untuk hal ini kamu bisa saja membuka website-mu sendiri dan kamu pajang seluruh produk jualanmu disana. 

Namun apakah akan banyak orang yang mengakses websitemu? 
Dan apakah orang akan merasa aman untuk bertransaksi disana?

Untuk hal ini pilihan yang paling tepat hanyalah berjualan di Tokopedia. Selain karena merupakan marketplace terbesar di Indonesia yang tidak memungut biaya sama sekali untuk membuka toko disana, diterapkannya fasilitas rekening bersama (escrow) membuat orang merasa aman dan lebih yakin untuk berbelanja di tokomu. Terlebih lagi reputasi Tokopedia yang sudah banyak dikenal baik oleh masyarakat, serta proses berjualannya yang mudah akan meningkatkan kemungkinanmu untuk sukses berjualan online. Di Tokopedia juga tersedia fitur Dropshipper sehingga kamu lebih mudah untuk memulai petualangan bisnismu.

3. Pasang harga yang bersaing

Pembeli tentunya akan mencari produk dengan harga yang termurah. Jika banyak ibu-ibu di pusat perbelanjaan yang rela untuk naik turun lantai berulang kali, mondar mandir kesana kemari berjam-jam lamanya, masuk keluar toko hanya untuk mencari harga yang termurah yang kadang selisihnya tak sampai Rp 1.000. Bayangkan berapa besar usaha yang akan dilakukan oleh para pembeli untuk memastikan bahwa mereka membeli produk dengan harga yang murah kala mereka berbelanja online. Jika kamu memasang harga yang cukup murah tentunya kamu dapat bersaing dengan penjual yang lain, dan semakin banyak orang yang mau berbelanja ditokomu.

4. Jaga kepuasan pelanggan

Ciri-ciri penjual yang sukses adalah penjual yang mampu mendapatkan repeat order dari pembeli yang sebelumnya sudah berbelanja ditoko sang penjual. Hal ini menandakan bahwa pembeli merasa puas dengan tingkat pelayanan yang diberikan oleh penjual. Oleh karenanya kamu harus rajin-rajin mengecek toko onlinemu, untuk memastikan bahwa seluruh pesanan dan pertanyaan dari para pelanggan dapat direspon dalam waktu yang cepat.

Jika kamu berjualan di Tokopedia kamu akan terbantu oleh beberapa fitur yang disediakan seperti notifikasi by email dan push notification langsung ke gadget-mu untuk setiap pesanan dan pertanyaan dari pelanggan. Ditambah lagi adanya fitur Diskusi Produk dan Kirim Pesan akan membuat pelanggan lebih nyaman untuk bertanya tentang suatu produk. Layanan Penggunanya yang 24 jam juga akan semakin memudahkan penjual sekaligus pembeli jika terjadi masalah pada pesanan yang sedang dilakukan. Dengan demikian level kepuasan pelanggan bisa dijaga agar tetap tinggi.

5. Promosikan Produk dan Tokomu

Setelah membuka toko dan menambahkan produk dietalasemu jangan dibiarkan begitu saja. Aktiflah mempromosikan barang dagangan sekaligus tokomu. Dengan demikian semakin banyak orang yang tahu akan tokomu, dan bisa meningkatkan kemungkinan orang untuk berbelanja disana. Enaknya jika kamu menggunakan Tokopedia kamu bahkan bisa mempromosikan salah satu produkmu setiap jamnya secara gratis dengan fitur promosi. Atau kamu juga bisa mempromosikan produkmu dengan menggunakan fitur TopAds yang disediakan di Tokopedia. Dijamin produkmu akan lebih banyak dikunjungi oleh calon pembeli potensial, dan ujungnya akan meningkatkan omset penjualanmu.

6. Pasanglah foto, nama barang, dan deskripsi produk yang menarik.

Jangan sepelekan foto yang kamu gunakan untuk barang daganganmu. Gunakan foto yang menarik, jelas, dan sesuai dengan produk yang kamu jual. Dengan semakin banyaknya orang yang berjualan online, tentunya kamu butuh cara agar bisa mencolok dan mencuri perhatian. Pemilihan foto yang tepat dan eye catching akan membuat kemungkinan pembeli untuk masuk ke tokomu lalu membeli produk tersebut semakin tinggi. Kamu bisa cek artikel berikut ini untuk menghasilkan gambar yang terbaik bagi tokomu. Nama barang serta deskripsi produk juga bisa meningkatkan traffic yang masuk ke toko-mu. Misalnya, daripada menuliskan panjang lebar mengenai deskripsi produkmu, kamu bisa menggunakan kalimat yang lebih efektif, singkat, dan padat. Ingat deskripsi produk bukanlah tugas skripsi.

7. Berikan bonus dan promo menarik

Tidak ada cara paling cepat untuk meningkatkan jumlah penjualan selain dengan cara memberikan bonus atau promo menarik. Misalnya, kamu bisa memberikan promo "Beli 1 Gratis 1" untuk periode waktu tertentu. Dengan demikian orang akan membeli produk tersebut dan secara langsung bisa merasakan pelayanan yang kamu berikan, pada akhirnya karena kamu sudah menerapkan langkah ke-4 pembeli tersebut akan jadi pelanggan setia. Namun kamu harus hati-hati dalam menentukan promo yang kamu berikan, pastikan hal tersebut masih dalam batas wajar dan tidak terlalu mengganggu cash flow tokomu. Kamu juga bisa memberikan gift-gift lucu bagi pelanggan tokomu, nilainya mungkin tidak seberapa, namun akan berkesan dimata pembeli. Misalnya jika kamu berjualan buku, maka kamu memberikan bonus pembatas buku. Atau jika kamu berjualan smartphone, kamu bisa berikan bonus casing HP.

Di Tokopedia, kamu bisa memanfaatkan fitur Free Returns, sebagai bentuk promo-mu ke para calon pembeli. Dengan demikian jika barang catat atau rusak pembeli bisa mengembalikan barang dengan gratis ke penjual. Hal ini juga termasuk bentuk menjaga kepuasan pelanggan.

Semoga tips-tips diatas membantu. See you on Tokopedia Top Seller Award!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Wah makasih banget, blog ini ngebantu aku banget untuk buat olshop yang lebih menarik!

    BalasHapus