7 Inspirasi Games Team Building

November 11, 2016

Team building adalah hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Karena aset terbesar dari sebuah perusahaan sesungguhnya adalah karyawannya. Kapasitas dan kemampuan karyawannya lah yang bisa menjadi faktor pembeda penting yang sulit ditiru antara keberhasilan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Namun pada pada praktek dilapangan ternyata kemampuan saja tidak cukup, kegagalan banyak terjadi karena masing-masing individu didalam perusahaan tidak bisa berkolaborasi satu sama lain. Disinilah peranan dari team building.


Setelah mengikuti Nakama Academy. Kami ingin memberi inspirasi games-games yang bisa digunakan pada saat proses team building, terutama untuk team building yang dilakukan indoor, sehingga hasilnya pun lebih efektif dan efisien. Berikut adalah 7 Inspirasi Games Team Building versi Tokopedia:

1. Human Bingo

Pembaca tentunya familiar dong dengan game Bingo. Human Bingo adalah modifikasi dari game Bingo dimana alih-alih tertulis angka pada kartu Bingo yang dipegang masing-masing peserta game, kartu Bingo akan bertuliskan karakteristik individu yang unik. Contohnya ada kotak yang bertuliskan "Berambut Pirang", atau "Berasal dari Jawa Tengah", dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya lihat gambar dibawah. Total kotak yang tersedia sama dengan game Bingo yaitu 5x5 kotak. Peserta game harus berkenalan dengan peserta game lainnya agar dapat menuliskan nama lawan bicara pada kotak yang sesuai.


Durasi Permainan : 15-20 menit
Jumlah Peserta : 20-100 orang (semakin banyak peserta, maka level kesulitan harus ditingkatkan, sebagai contoh jika peserta 20 orang kondisi menang adalah membentuk 1 Bingo, namun jika peserta berjumlah 40 orang, kondisi menang adalah membentuk 2 Bingo, dst)
Peralatan yang dibutuhkan : Kartu Bingo, dan Pulpen untuk masing-masing peserta
Kondisi yang cocok : Diawal proses team building agar dapat lebih mengenal satu sama lain, sangat cocok diterapkan untuk sekelompok orang yang belum pernah saling kenal sebelumnya

Untuk memudahkan pembaca setia, kami sudah menyediakan template dari human bingo ini. Pembaca tinggal mengisikan kriteria-kriteria apa yang bisa dimasukkan kedalam Human Bingo tersebut. Lebih baik lagi jika disesuaikan dengan jenis pekerjaan, dan karakteristik peserta game.

Unduh template Human Bingo disini

2. Analytical Thinking Game

Analytical Thinking Game adalah game yang dilakukan untuk mengasah otak dan logika berpikir dari peserta team building. Di sesi permainan ini, peserta sebaiknya dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, dan masing-masing kelompok saling beradu cepat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan logika, analisa, dan matematika sederhana dari game master. Yang diutamakan bukanlah jawaban yang betul, melainkan bagaimana kelompok tersebut bisa mencapai jawaban itu.

Game master bisa menyiapkan 10 pertanyaan, atau menyesuaikan jumlahnya dengan jumlah anggota kelompok, dengan tingkat kesulitan yang meningkat dari pertanyaan ke pertanyaan berikutnya. Setiap ronde diberi nilai dan bobotnya disesuaikan dengan tingkat kesusahan. Contohnya pertanyaan pertama yang mudah bernilai 100, pertanyaan berikutnya 200, sampai akhirnya pertanyaan kesepuluh yang paling sulit dan tricky bernilai 1000. Untuk membuat permainan lebih menantang, anggota tim tidak boleh menjawab pertanyaan lebih dari 1 kali. Sehingga seluruh anggota tim bisa terlibat.

Contoh pertanyaannya adalah sebagai berikut:

Chest A has been labelled with "100 gold coins",
Chest B has been labelled with "50 gold and 50 silver coins",
Chest C has been labelled with "100 silver coins".
You are told that all of the labels are incorrectly placed, as they describe the contents of another chest. To help you determine which is the chest which contains "100 gold coins", you are allowed to randomly pick a coin from any chest,
Which chest should you pick a coin from?
Bisa menjawab pertanyaan tersebut?

Durasi Permainan : 60-120 menit
Jumlah Peserta : 5-10 orang per kelompok. Jumlah kelompok sebaiknya minimum 5 untuk membuat suasana kompetisi yang ketat.
Peralatan yang dibutuhkan : Kertas dan Pena
Kondisi yang Cocok : Cocok dilakukan dipagi hari saat otak peserta game masih fresh. Bisa menilai bagaimana kerjasama diantara team, strategi menjawab, dan kemampuan logika analisis.

3. Eat Bulaga

Siapa sih yang ga kenal game Eat Bulaga? Game yang sempat fenomenal dan mengguncang Indonesia karena cara bermainnya yang simpel dan banyak menimbulkan gelak tawa. Ga percaya? Coba lihat video dibawah ini, dijamin ngakak.


Cara bermainnya simpel, dua orang akan duduk berhadapan, salah satu akan bertugas menanyakan segala sesuatu yang berhubungan dengan jawaban yang ditempel di jidatnya. Satu peserta lainnya bertugas untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun peserta ini hanya dapat menjawab pertanyaan dengan 3 pilihan jawaban, Ya, Bisa Jadi, atau Tidak. Setelah permainan habis waktu untuk menjawabnya, waktunya biasanya disesuaikan lamanya dengan berpedoman kepada seberapa sulit kata yang harus ditebak. Namun pada umumnya, sekali giliran tidak lebih dari 5 menit. Setelah 5 menit berlalu, kedua pemain akan saling bertukar peran.

Durasi Permainan : 10-20 menit
Jumlah Peserta : 2 pasang.
Peralatan yang dibutuhkan : Kertas bertuliskan jawaban yang diharapkan, dan papan/proyektor untuk menampilkan jawaban tersebut agar kertas tidak perlu ditempel di dahi peserta dan bisa dilihat oleh seluruh peserta team building.
Kondisi yang Cocok : Cocok dilakukan pada team building dengan jumlah peserta yang sedikit. Akan lebih baik lagi jika masing-masing pasangan sudah saling mengenal sebelumnya. Agar proses tanya jawab lebih mengalir, dan diharapkan bisa meningkatkan unsur komedi dari eat bulaga dan otomatis bisa menghibur peserta team building lainnya.

4. Spaghetti and Marshmallow

Inspirasi Games Team Building berikutnya adalah Game Spaghetti and Marshmallow. Apakah sesungguhnya game ini? Spaghetti and Marshmallow adalah game yang bisa meningkatkan kerjasama diantara satu tim, kita bisa melihat bagaimana sebuah tim merencanakan sesuatu untuk mencapai goal yang dituju, dan bagaimana proses pelaksanaannya. Di game ini para peserta akan diberikan 20 batang spaghetti mentah, 3 buah marshmallow, gunting, dan selotip. Berbekal 4 hal ini, masing-masing tim diminta untuk berkompetisi membuat bangunan tertinggi, dengan marshmallow harus berada di puncak bangunan. Syarat penilaian adalah harus bisa bertahan berdiri minimum 1 menit lamanya. Seru kan? Langsung cobain aja!


Durasi Permainan : 15 menit untuk Planning, 20 menit untuk proses membangun
Jumlah Peserta : 5 orang per kelompok, jumlah maksimum kelompok dibebaskan
Peralatan yang dibutuhkan : untuk masing-masing kelompok 20 batang spaghetti, 3 buah marshmallow, selotip, dan gunting
Kondisi yang Cocok : Cocok dilakukan saat proses team building kapanpun, dilakukan indoor dan memiliki ruang yang cukup agar masing-masing tim tidak saling mengganggu.

5. Line Game

List game berikutnya adalah Line Game. Line Game adalah game yang sangat sederhana. Jadi ditengah-tengah ruangan dimana peserta berkumpul dibuat 1 garis lurus, bisa menggunakan tali rapia, atau apapun yang penting terlihat seperti garis. Kemudian seluruh peserta dibagi menjadi 2, dan masing-masing kelompok menghadap ke garis pembatas. Sehingga keseluruhan peserta akan saling berhadapan. Buatlah jarak antara peserta dan garis kurang lebih 2 langkah kaki. Game ini membutuhkan 1 orang gamemaster yang fungsinya adalah membacakan pernyataan. Tugas peserta tinggal mendengarkan pernyataan, dan berusaha jujur. Jika pernyataan itu sesuai dengan masing-masing individu, maka mereka harus maju mendekati garis. Jika tidak sesuai maka cukup diam ditempat.

Contoh pernyataannya bisa macam-macam, misalnya:
Saya pernah ditilang

Saya pernah makan mie lebih dari 3 bungkus dalam sekali makan

Saya merasa bahwa diri saya tidak berguna

Saya adalah tulang punggung keluarga
Jumlah pernyataan dibebaskan, tujuan dari game ini adalah agar kita bisa jadi lebih mengenal individu yang berada dalam tim kita. Bahkan sampai ke level hal-hal yang sifatnya personal, yang mungkin selama ini berusaha ditutupi. Satu rule tambahan dan yang paling penting adalah, seluruh peserta tidak boleh men-judge peserta lainnya. Selepas game bisa dilakukan sesi retrospeksi antara peserta game, bisa bertanya ke peserta game yang lain, bisa memberikan komentar, atau apapun yang mengganjal di hati.

Durasi Permainan : 30 menit
Jumlah Peserta : Berapapun menyesuaikan kapasitas ruangan
Peralatan yang dibutuhkan :Tali Rapia, dan list pernyataan
Kondisi yang Cocok : Cocok dilakukan diakhir-akhir rangkaian acara team building, ketika peserta team building paling tidak sudah kenal satu sama lain. Dengan game ini diharapkan jika awalnya hanya mengenal kulit luar dari anggota tim, menjadi bisa paham lebih dalam lagi.

6. Role Playing Games

Sedikit disclaimer, ini bisa jadi salah satu game yang paling dinamis dan "rusuh". Cara bermainnya sebagai berikut, seluruh peserta team building dibagi menjadi 3 pihak. Contohnya di Tokopedia, ada tim yang berperan sebagai Buyer, ada yang menjadi Seller, dan ada yang menjadi Tokopedia itu sendiri. Seluruh tim diberikan kasus dimana ada transaksi yang bermasalah dan ceritanya mereka sedang berdebat karena tidak ada pihak yang merasa salah. Namun itu contoh spesifik khusus untuk Tokopedia. Kasus dan ceritanya bisa disesuaikan dengan situasi dikantor atau organisasi kamu, misalkan ada yang menjadi Developer, ada yang berperan sebagai Project Manager, ada yang berperan sebagai tim Operasional. Atau ada yang berperan sebagai mahasiswa, ada yang berperan sebagai rektorat, dan ada yang menjadi ikatan alumni. Silakan disesuaikan, sesuai kreativitasmu.

Dari game ini bisa mengasah kemampuan berdebat, berpikir logis dan kritis, serta kemampuan menjaga emosi. Seluruh peserta bebas berbicara sebagai perwakilan dari masing-masing pihak.



Durasi Permainan : 30 menit
Jumlah Peserta : 3 kelompok, masing-masing kelompok bebas jumlah anggotanya
Peralatan yang dibutuhkan : Background cerita yang mendukung dan seru
Kondisi yang Cocok : Cocok dilakukan di akhir-akhir acara team building saat satu sama lain sudah saling mengenal, sehingga tidak canggung jika diminta untuk saling berdebat di depan umum.

7. Draw Your Imagination

Ini nih inspirasi game terakhir dari 7 Inspirasi Games Team Building yang bakalan kita kasih pada kesempatan kali ini. Nama gamenya adalah Draw Your Imagination. Cara mainnya mudah, peserta team building dibagi menjadi beberapa kelompok dan kelompok tersebut harus menggambarkan apa itu perusahaannya atau organisasinya dari sudut pandang mereka. Jadi apa gambarnya, apa filosofinya dibebaskan sebebas-bebasnya kepada kelompok tersebut. Hasilnya kemudian dipresentasikan didepan kelas. Mudah kan? Gambarnya yang ribet sih pasti. Hehehehe.

Contoh hasil gambarnya bisa jadi begini nih, ini Tokopedia versi kami.


Kami mengibaratkan Tokopedia adalah sebuah kapal yang besar dan megah, dimana kapal tersebut mampu mengangkut seluruh rakyat Indonesia tanpa pandang bulu dan terkecuali. Bersama sang kapal yang dinakhodai langsung oleh Toped, Indonesia dan Tokopedia tumbuh berkembang bersama, berlayar menuju kehidupan yang lebih baik, dan berproses menjadi bangsa yang dipandang dimata dunia. Di atas kapal juga terdapat symbol dari semua klan yang ada di Nakama Academy, hal itu melambangkan bahwa kapal tak akan bisa berjalan dengan mulus tanpa kerja sama yang apik dari semua elemen didalamnya.

Semoga 7 Inspirasi Games Team Building ini bermanfaat ya.

Sampai jumpa di post berikutnya.

You Might Also Like

0 komentar