Sosmedmu, Gambaranmu juga loh!

April 06, 2016



Di era perkembangan teknologi modern di Indonesia saat ini, kita dihadapkan dengan banyak Glamouritas media sosial yang menjadi hiburan kalangan di anak muda. Hiburan itu ada pada android yang tentu kita miliki. Tinggal download dari playstore, banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa jadi “mainan” kita. Sebagai info nih guys dikutip dari techinasia.com data milik We Are Social,


Nah ga heran loh di Indonesia dengan begitu banyak pengguna sosmed yang ada, sekarang kalo gak punya satu aja akun di media sosial pasti bakalan ngerasa ga gaul atau ga kece. Banyak sekali jenis-jenis media sosial itu, diantaranya seperti facebook, twitter, instagram, path, dsb.

Tapi ternyata banyak hal yang belum kita tau dan kita kuasai.

Apakah kita sudah menjadi pengguna media sosial yang "cerdas"? Dan, apakah kita tau bahwa apapun yang kita posting bisa jadi cerminan kita loh untuk orang lain, positif atau negatif? (Who knows)?


Yuk kita ulas guys disini, ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dalam menggunakan sosmed kamu,
Batasi Informasi Pribadi
Jika diperhatikan hampir semua orang di jejaring sosial senang berbagi hal-hal pribadi seperti apa yang sedang dilakukan ataupun apa yang sedang dialami entah itu perasaan senang, sedih atau marah. Namun bukan berarti bisa gitu aja guys, menceritakan semua hal yang terjadi pada diri sendiri di jejaring sosial karena tentunya ada hal-hal sensitif dan privasi yang sebaiknya hanya diketahui oleh diri sendiri. Tentu kita ga pengen doong hal-hal yang diceritakan di jejaring sosial di salah-artikan atau di salah gunakan yang mungkin bisa berakibat merugikan diri sendiri.

Terlalu sering mengumbar status yang bersifat pribadi yang semesti menjadi rahasia (curhat)
Beberapa orang suka sekali mengumbar status yang bersifat curhatan hatinya yang sebenarnya. Wah ini tentu berlebihan sekali guys. Apalagi tujuannya hanya untuk mendapatkan sekedar simpati dari banyak orang. Betapa menggelikan sekali bukan? Bagaimana kalau akibatnya kita (jika memposting status seperti itu) diolok-olok atau dibully oleh warga sosial media. Tentu sangat tidak mengenakkan. Kehidupan pribadi kita bisa menjadi rahasia umum.

Bila beropini, dasarkanlah pada fakta, bukan dugaan semata
Hal yang paling mudah dan menyenangkan di sosial media adalah menuliskan opini tentang sesuatu hal. Anda harus hati-hati dengan ini. Bisa saja opini anda yang tidak didasari fakta (kenyataan), dan hanya bersumber dari pengalaman atau prasangka anda saja (subjektif), mengundang reaksi negatif dari suatu komunitas atau seseorang yang merasa terserang. Ingat kasus Florence yang gara-gara statusnya membuat warga Jogja marah? Ah.. sekali lagi ingat ya guys, waspadalah.. Waspadalah..

So far, buat kita semua sih pada dasarnya jika kita menggunakan sosial media kita harus mempertimbangkan semua aspek. Emang sih kita terlalu males dan buat apa berpikir lama dalam “mengupdate” tapi alangkah baiknya kita minimal tau apa yang terjadi jika kita mengupdate status atau apapun itu and status itu tentu akan dilihat orang lain atau teman kita. Karena nantinya mereka akan merespon dan menilai kita itu sedang kenapa atau orang yang seperti apa.. Well yuk lebih cerdas lagi dalam memainkan sosmed kita.. Lets Have fun dan well information!

You Might Also Like

0 komentar