Yuk kita ubah pandangan selalu gunakan plastik!

April 06, 2016

Guys, dalam berbelanja sehari-hari kita biasanya membutuhkan sebuah tempat atau wadah yang berfungsi untuk mengangkut barang belanjaan kita. And well!, Plastik jadi sebuah barang yang praktis dan simple untuk digunakan.
And, this is it..


Well, disini kita akan fokus bahwa kita bisa lebih Sehat dan jadi Pahlawan Negara loh!
Sebagai info guys,, dari data Geotimes.com, di Indonesia, Sampah yang dihasilkan secara keseluruhan mencapai 175.000 ton per hari atau 0,7 kilogram per orang. Mengerikannya lagi pada 2014, data statistik sampah di Indonesia mencatat bahwa Indonesia menduduki negara penghasil sampah plastik kedua terbesar di dunia setelah Cina.

Diantaranya bahaya plastik itu,
Kalian tau kan tukang gorengan? Tukang Gorengan itu ialah tukang yang menjual goreng-gorengan, (Masaaaasehhh?) Well, banyak loh tukang-tukang gorengan yang nakal dengan menggoreng gorengannya seperti bakwan, pisang, risol, cireng, dll dengan campuran plastik.


Kegiatan yg dilakukan oleh pedagang gorengan ini agar gorengan tersebut pada saat dikonsumsi oleh konsumen tetap garing dan renyah walaupun diletakan pada waktu yg lama. Dan, Plastik tersebut mempunyai bahaya, Bahaya plastik adalah mengandung bahan kimia yang paling berbahaya yaitu Bisphenol A (BPA). bahaya jangka pendek diantaranya dapat menyebabkan sakit perut, mual dan muntah sedangkan bahaya jangka panjang adalah kanker. Tentu saja hal ini sangat merugikan konsumen. Ngeri banget yah!


Dan Dibutuhkan waktu 1000 tahun loh agar plastik dapat terurai oleh tanah secara terdekomposisi atau terurai dengan sempurna. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakaranya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi.

Saran dari kita nih buat sobat-sobat Crow lovers, Kurangi penggunaan kantong plastik sekarang juga dan gunakan tas kain setiap kali berbelanja. Jika hanya membeli sedikit, masukan barang belanjaan ke dalam tas. Ingatkan orang rumah atau teman kamu untuk selalu membawa tas kain saat belanja. And if you want, kamu bisa hubungi supermarket, mall dan toko buku langganan kamu untuk berhenti memberikan kantong plastik. Dan dalam hal mengonsumsi makanan, telitilah dalam memilih guys., karena kesehatan itu Mahal lohh.

So, Efek positifnya ialah kita jadi bisa lebih menjaga kesehatan kita dengan lebih teliti dalam memilih makanan. And kita bisa jadikan langkah ini dapat membantu semua untuk bisa lebih yang saat ini yang sedang darurat masalah plastik apalagi jika kita lakukan secara berjamaah, So, apakah kamu mau ikut membantu?

You Might Also Like

0 komentar