Sarapanmu Tentukan Semangat Pagimu

April 06, 2016


Saat matahari terbit saat itu juga kita harus semangat guys, bahkan gak jarang sebagian orang mengawalinya dengan berbagai aktivias pagi dengan alasan supaya selalu semangat. Nah, apalagi kalo aktivitas pagi diawali dengan sarapan yang bergizi pas, pastinya semangat akan terjaga tuh... Sering diantara kita melakukan hal seperti tadi, ini merupakan kebiasaan baik. Tapi bagi sebagian orang ada yang kurang memperhatikan jenis dan porsi makanan yang dia konsumsi, sehingga berakibat timbulnya rasa lesu dan ngantuk. Untuk mengatasinya kita harus selektif saat memilih menu sarapan pagi.


Rasa lesu dan ngantuk di pagi hari biasanya sering datang saat kita selesai sarapan. Nah, untuk menghalau itu kita bisa melakukan beberapa tips supaya ini ga kejadian.
Saat sarapan banyak orang yang milih makanan sesuai dengan mata, maksudnya apa?? Maksudnya adalah memilih makanan sesuai dengan nafsunya mau makan apa, jadi mata yang biasanya menentukan kita mau makan apa, padahal kalau kita tau pankreas lah yang sebenarnya yang harus menentukan kita makan apa, bukan mata ya..

Tau kan pankreas itu apa?? Pankreas  adalah organ yang menghasilkan Gastric Juice dan Insulin. Biasanya kita sarapan pagi dengan roti, nasi dan segala macam sumber karbohidrat. Sebenernya kalau karbohidrat jadi bahan yang paling mayor saat sarapan itu kurang baik, karena waktu  pagi hari karbohidrat simple (cereal olahan, roti tawar, nasi) akan menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Hasilnya adalah penurunan tingkat kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Kalo kalian tau… siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab orang terkena diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan. Nah,ini sebabnya kalau sarapan banyak mengkonsumsi karbohidrat, sehingga menyebabkan lesu dan kantuk.

Lalu apa yang pas untuk sarapan?? Jawabnya adalah sarapan berdasarkan Protein! Sarapan seperti ini akan mensuplai badan kita dengan nutrisi penting dan energi tanpa meningkatkan kadar gula dalam darah dan kadar insulin. Dan juga akan menghindari kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat setiap hari. Dengan cara ini nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, keinginan makan-makanan berkarbohidrat (cemilan, coklat, kue, junk food, soft drink, nasi dan mie) akan berkurang. Sebagai hasilnya badan akan menggunakan kelebihan lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk mendapatkan energi atau sebagai sumber energi. Jadi hari-hari kita bisa lebih berwarna karena selalu semangat.

Nah, itulah tips mendapatkan semangat di pagi hari. Jangan lupa sarapan ya!!

You Might Also Like

0 komentar