5 Cara Jitu Sukses Berjualan di Tokopedia

Januari 08, 2017



Sejak awal berdirinya, Tokopedia telah berhasil membantu banyak pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya secara online. Mulai dari pengusaha kecil, UKM, hingga pengusaha kelas atas pun banyak sekali meraih sukses, diawali dari membuka toko online di Tokopedia.

Tokopedia memberi peluang kepada semua orang untuk membantu mempermudah memasarkan produknya lewat internet. Ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan agar toko kamu bisa dikunjungi banyak orang dan tertarik membeli produk yang kamu tawarkan. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. Berikut 123 cara meningkatkan penjualan di Tokopedia :

1. Buat Halaman Profil Deskriptif  

Langkah awal dalam berjualan di Tokopedia adalah dengan cara membuka toko. Setelah kamu membuat akun Tokopedia, akan ada pilihan "Buka Toko" di halaman depan profil anda. Setelah kamu berhasil membuka toko, berikan penjelasan yang singkat, padat dan jelas mengenai toko anda. 
 Setelah itu, buat "catatan toko" yang jelas mengenai tata cara pembelian, komplain dan juga pengembalian barang yang detail. Sehingga ketika suatu saat dibutuhkan, pembeli akan mendapatkan informasi yang lengkap di toko anda dan puas terhadap pelayanan anda. Disarankan untuk tidak mengubah catatan toko, kecuali memang ada perubahan prosedur mengenai tata cara pembelian dan juga regulasi lainnya dalam bertransaksi. 

2. Atur Etalase sesuai dengan kategori produk 
 
Sebagai pembeli, tentunya mereka ingin tahu mengenai produk apa saja yang dijual oleh penjual di tokonya. Jangan buat pembeli anda merasa bingung saat mengunjungi toko anda. Aturlah etalase tokomu sesuai dengan kategori produknya.
 
Susun produk kamu seperti katalog mulai dari jenis, kategori barang atau merek yang paling banyak dicari atau sedang populer saat ini. Lalu, berikan keterangan produk yang jelas sehingga calon pembeli bisa mendapatkan informasi yang tepat dengan mudah

Cantumkan deskripsi produk yang sesuai dan lengkap agar mempermudah konsumen mendapatkan informasi mengenai produk yang kamu tawarkan. Selain itu, buatlah kata promosi yang menarik dengan menggunakan bahasa yang sederhana atau yang biasa digunakan sehari-hari.
 
3. Upload Foto Produk Berkualitas 
 
Dalam dunia online, konten adalah raja. Oleh karena itu, keberhasilan dalam sebuah toko online bisa berawal dari konten produk yang jelas dan menarik. Dalam mengoptimalkan konten produk di toko kamu, fotolah produk anda dengan latar belakang yang menarik dan pencahayaan yang cukup agar produk kamu terlihat dengan jelas dan menarik saat dilihat oleh calon pembeli. Selain itu, fotolah produk kamu dengan tampilan keseluruhan sehingga bisa terlihat jelas.

Dalam melakukan foto produk, ambil segala angle foto produk yang dapat memberikan informasi kepada pembeli. Contohnya, apabila anda berjualan produk makanan, fotolah produk dari angle tampak depan, tampak belakang, tampak atas dan tampak bawah. Lalu, tambahkan juga foto informasi gizi dan tanggal expired dari produk anda. Sehingga, pembeli tidak merasa ragu dan mendapatkan informasi yang jelas.

Jika sudah mendapatkan informasi yang jelas, tentu pembeli akan merasa yakin dengan toko anda, dan akan segera melakukan transaksi secepatnya. 
 
4. Fast Response Terhadap Pembeli

Jika di dunia online konten adalah raja, maka, dalam dunia bisnis pembeli adalah raja. Ya, itu sangat tepat sekali. Namanya pembeli, biasanya mereka menginginkan pelayanan yang ramah dan juga cepat. Dalam bisnis online, terkadang pembeli merasa kecewa dengan lambatnya penjual dalam merespons pertanyaan pembeli dan juga lamanya proses pengiriman barang.

Kalau sudah begini, yang apes ya penjual. Karena apa? reviewnya pasti biasa saja bahkan jelek. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus mengatur jadwal penerimaan order, proses dan juga pengiriman. Lalu kamu juga harus tanggap terhadap notifikasi diskusi produk, pesan dan review produk.

Jawablah segala pertanyaan dari calon pembeli di kolom diskusi produk dan pesan secepat mungkin. Jika memungkinkan, kamu harus stand by untuk menjawab dengan jelas dan lengkap segala pertanyaan dari calon pembeli. Jika pembeli mendapat informasi cepat, pastinya dia akan merasa toko kamu meyakinkan dan cepat dalam proses barang dong. Oleh karena itu fast response adalah kunci dari keberhasilan kamu untuk menarik calon pembeli.

Selain itu, ketika kamu mendapat order produk, segera proses packing dan pengiriman produk dengan cepat. Kalau bisa, kirim pesanan pembeli pada hari yang sama, sehingga pembeli bisa mendapatkan produknya dengan cepat. Dijamin, kalau sudah begini, review dari pembeli akan sangat memuaskan dan bisa meningkatkan reputasi toko kamu. 

5. Gunakan Sarana Social Media, Top Ads dan Gold Merchant

Jika kamu baru mau memulai bisnis di Tokopedia, tentunya kamu belum punya reputasi yang bisa membuat pembeli percaya dengan toko dong? Untuk mengatasi hal tersebut, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa menumbuhkan kepercayaan calon pembeli terhadap toko anda.

Pertama buatlah akun social media dari toko anda. Posting produk-produk anda di halaman socmed dan berikan keterangan untuk melakukan transaksi di toko anda. Selain itu, kamu bisa menawarkan beberapa promo, misalkan diskon untuk beberapa produk yang anda jual. Percayalah, social media adalah senjata ampuh untuk menumbuhkan bisnis kamu di Tokopedia. Tips tambahan, tulislah setiap review produk andalan kamu di blog pribadi agar terlihat meyakinkan dan profesional.

Selain itu, kamu bisa menggunakan 2 fitur yang sudah disediakan oleh Tokopedia untuk mengoptimasi toko kamu, yaitu Top Ads dan Gold Merchant. Fitur Top Ads ini memungkinkan untuk memunculkan produk anda di baris awal pencarian calon pembeli. Misalkan, anda menjual mainan action figure. Ketika calon pembeli mengetik keyword action figure, maka baris pertama produk yang akan muncul adalah produk milik toko anda. Ini akan mempermudah calon pembeli untuk memilih barang.

Lalu, fitur Gold Merchant juga bisa menumbuhkan kepercayaan calon pembeli, walaupun toko kamu belum punya reputasi. Gold Merchant memiliki beberapa fitur yang membuat nama toko anda berbeda dari toko lainnya dengan logo Gold Coin di depan nama toko anda. Selain itu, fitur Gold Merchant lainnya bisa kamu gunakan untuk menambah produk di etalase.
  
Itu dia 5 Cara Jitu Sukses Berjualan di Tokopedia. Jadi, tunggu apalagi? Sukses berawal dari sekarang. Mulai sekarang dan segera raih suksesmu bersama dengan Tokopedia.

You Might Also Like

0 komentar