Nakama Academy, 'Booster Pack' PDKT Tokopedia

Oktober 18, 2016

Mendapat panggilan bahwa kami diundang menjadi bagian dari Tokopedia, bikin hati kami penuh suka cita. Tak semua dari kami menyangka bahwa kami akan segera bekerja di salah satu startup terbesar Indonesia. Tapi yang tidak terduga adalah ada email susulan yang berisi undangan agar kami dapat mengikuti Nakama Academy. Undangan tersebut menimbulkan tanya, apa Nakama Academy sebenarnya?


Mungkin banyak dari kami yang langsung browsing untuk mencari tahu apa itu Nakama Academy. Yap, stalking kami rupanya cukup membuahkan hasil. Kami menemukan bahwa sebelum dapat bekerja di Tokopedia, ada sebuah program akselerasi pembelajaran untuk mengenal Tokopedia dan budaya kerjanya. Sederhananya, di Nakama Academy setiap 'anak baru' yang bergabung diarahkan untuk membentuk kelompok dengan istilah Clan dengan nama hewan, lalu dibekali banyak pengetahuan seputar Tokopedia dan diberikan tugas-tugas per Clan.

Tapi, apa yang kami alami secara langsung rupanya tidak sesederhana kata-kata. Ternyata, setiap generasi memiliki pengalaman yang berbeda dalam tiap Nakama Academy. Bagi kami yang tergabung dalam Batch #14 pun pengalaman yang kami rasakan berbeda antara clan yang satu dan lainnya. Ada beberapa hal yang menurut kami layak menjadi highlight di Nakama Academy Batch #14.

Asal Usul Penggunaan Istilah Nakama di Tokopedia


Jika perusahaan pada umumnya menggunakan istilah karyawan, Tokopedia justru memilih kata Nakama. Melalui salah satu sesi, dibongkar kalau ternyata ide istilah Nakama datang dari Pak William Tanuwijaya yang rupanya sempat menggemari One Piece! Sebenarnya apa itu Nakama?

"Nakama" (仲間 Nakama?) is a common Japanese word that directly translates to friend, comrade, and under some context such as One Piece, crewmate. Many fans of the series believe the word means "people who are considered closer than family"
- OnePiece.Wikia.com

Jadi bisa dikatakan bahwa para Nakama adalah keluarga, rekan, atau orang-orang yang lebih dekat bahkan dari keluarga. Hanya saja, kami yang baru bergabung tidak lantas menjadi Nakama, tapi masih New Nakama atau disingkat Newkama. Sebenarnya istilah Newkama ini kurang sreg utamanya bagi saya. Kalau kamu mengikuti cerita One Piece kamu akan mengerti. Kamu yang belum mengerti, bisa coba ketik "Newkama", di Google search. Pegangan dulu sebelum coba cari ya..

Belajar Kelola Toko


Demi akselerasi belajar kami tentang seluk beluk Tokopedia, kami memperoleh dua tugas, satu tugas membuat Blog yang isinya mengikuti tema dan satu Big Project dimana kami diminta untuk membuat toko yang akan dikelola oleh tiap Clan! Wah, padahal mayoritas dari kami yang biasanya hanya menjadi pelanggan.. Kini mau tidak mau terjun menjadi di balik etalase, menjajakan dagangan dengan produk bebas pilihan masing-masing clan.

Clan Crow sendiri membuka toko yang khusus menjual aneka ragam produk yang layak menjadi kado untuk pasangan dan keluarga! Kamu bisa langsung belanja di toko milik clan Crow batch #14 bernama Kongcrow Store melalui Tokopedia.

PDKT dengan Tokopedia


Beberapa coach berbagi cerita kalau ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu Tokopedia. Ada cerita dimana ternyata ada pelanggan yang datang langsung ke kantor Tokopedia untuk belanja! Dan kejadian ini bukan hanya sekali dua kali, namun berkali-kali. Sehingga kami, sebagai Newkama diminta bersiap diri, menjawab pertanyaan orang-orang ketika datang pertanyaan mengenai apa itu Tokopedia.

Berdasarkan catatan kami, Tokopedia adalah marketplace digital dimana pembeli dan penjual bertemu secara online dengan fitur transaksi yang nyaman. Tokopedia tidak melakukan direct selling, yang artinya tidak ada barang yang dijual oleh Tokopedia dalam marketplace tersebut. Seluruh produk yang ditampilkan dalam Tokopedia adalah milik penjual. Jadi, bisa diistilahkan kalau Tokopedia adalah pasar digital, dimana transaksinya super nyaman juga aman, siapapun bisa gabung di pasar ini secara gratis!

Tokopedia sendiri memiliki visi yang tinggi: Shaping Better Indonesia through Internet, atau dalam bahasa kerennya membangun Indonesia lebih baik melalui internet. Visi ini ditunjang dengan DNA Tokopedia yang terdiri dari Focus on Customer, Growth Mindset, Make it Happen, Make it Better! Ini tiga nilai yang selalu dipegang Nakama dalam pekerjaan & kehidupan sehari-hari.

With C-Level Tokopedia!

Banyak yang kami ketahui selama PDKT kami ke Tokopedia. Tingkat kebersamaan yang tinggi dimana hirarki yang kaku dalam struktur organisasi direduksi. Nakama bisa langsung berdiskusi dengan management, bahkan kami yang notabene masih Newkama sempat langsung tanya jawab dengan Pak William Tanuwijaya, our CEO at Tokopedia. Lama-lama tambah jatuh hati untuk berkembang lebih jauh, menggapai visi bersama membangun Indonesia..

Fitur, Fitur, Fitur!


Sudah seabreg fitur yang diperkenalkan oleh Tokopedia. Fitur berbayar yang paling umum adalah Gold Merchant yang spesial hanya dapat dipergunakan oleh penjual. Manfaat dari Gold Merchant adalah toko tampak lebih terpercaya. Karena ada kalanya pembeli jauh lebih percaya pada toko dengan emblem Gold Merchant ketimbang toko yang tidak memilikinya. Kalau sampai fitur ini ada dan banyak penggunanya, kebayang dong berapa banyak pembeli yang memiliki pemikiran tersebut. Sangat banyak!

Dan lagi, pemilik toko dapat melakukan promosi dengan TopAds. Singkatnya pemilik toko akan diberikan saldo TopAds nominal tertentu pada saat registrasi sebagai Gold Merchant. Nah, dengan saldo tersebut pemilik toko dapat mempromosikan setiap produknya ke pelanggan yang tepat tanpa harus menunggu durasi tertentu. Posisi pada halamanya pun strategis! Berbeda jauh dari toko biasa yang hanya dapat mempromosikan gratis 1 produk setiap 1 jam.

Yang menariknya lagi, ada tambahan fitur statistik toko yang eksklusif hanya ada pada toko dengan Gold Merchant. Jadi pemilik toko bisa pantau perkembangan penjualan produk di toko secara mendetail. Daaan, masih banyak lagi fitur spesial Gold Merchant yang dibahas. Kamu yang penasaran tentang fitur ini bisa langsung akses laman official Tokopedia Gold Merchant.


Simulasi Penengah Saat Buyer & Seller Cekcok


Di Tokopedia terdapat beberapa function yang bisa dikatakan berfungsi seperti departemen dimana terdapat divisi-divisi dalam tiap fungsinya. Nah, di Nakama Academy tiap function memiliki kesempatan untuk mengenalkan diri dan jobdescnya. Salah satu yang memorable adalah dari function Operational. Function ini terbagi menjadi banyak sesi dimana seluruh pekerjaan memiliki kaitan langsung dengan customer, baik seller maupun buyer.

Ada dua sesi yang paling seru menurut kami, yaitu dari Pusat Resolusi dan Customer Care Specialist. Pada sesi Pusat Resolusi, kami dibagi menjadi tiga kubu, yaitu buyer, seller, dan Tokopedia. Buyer dikondisikan untuk melakukan komplain terhadap seller dan nantinya akan ditengahi oleh kubu Tokopedia. Tiap kubu dibekali 'senjata' untuk adu argumen untuk membuktikan diri kalau mereka berhak atas klaim tersebut, kecuali tentu Tokopedia yang harus mencari jalan tengah. Selama cekcok, kami saling adu mulut sampai melakukan analisis yang agak berlebihan hanya berbekal foto dan screenshot bukti saja. Yaa yang penting jangan sampai dimasukkan ke hati, kan hanya simulasi..

Bersama Pusat Resolusi Specialist, Pasca Simulasi

Pada sesi Customer Care Specialist pun tak kalah seru, selain mencoba menjawab berbagai pertanyaan yang ada, kami juga diberi 'suguhan' berupa kisah kocak yang pernah dialami oleh Customer Care Specialist. Gak tanggung-tanggung, mungkin ada lebih dari 10 kejadian yang dibagikan. Sabar-sabar aja ya kak..

Nakama Academy Paling Rame


Literally Rame! Batch #14 merupakan batch yang saat ini memiliki jumlah peserta terbanyak sepanjang Nakama Academy berlangsung. Bayangkan saja, kalau tidak salah biasanya dalam tiap batch ada pada kisaran 20-30 peserta, namun pada Batch #14, ada kurang lebih sebanyak 70 orang! Waw! Auditorium sampai penuh sesak dengan keberadaan kami. Apakah batch selanjutnya akan jauh lebih banyak?

Ramenya Nakama Academy Batch #14!

Nakama Academy emang paling pas buat mengawali karir di Tokopedia. Gimana enggak? Banyak ilmu yang pastinya bakal nunjang kita ke depannya. Kalau kamu juga tertarik untuk ikutan Nakama Academy, kamu harus join Tokopedia! Kamu bisa cek posisi mana aja yang lagi lowong di sini. Yuk jadi bagian dari Nakama Tokopedia, bagian dari masa depan Indonesia!

You Might Also Like

0 komentar