Asah Skill di Tokopedia ala Frans Fernando

Oktober 24, 2016

Untuk membawa Tokopedia mencapai posisinya saat ini, banyak perjuangan keras yang ditempuh para Nakama. Salah satu Nakama yang turun tangan berjuang adalah Frans Fernando yang bergabung ke Tokopedia pada bulan Maret 2015. Frans mengemban tanggung jawab sebagai seorang SEO Specialist di bawah naungan Business/Internet Marketing.

Dalam suatu kesempatan, Frans menghadapi persoalan berupa struktur URL Tokopedia yang enggak beres. Imbasnya, crawling tiap halaman jadi tidak efisien dan bisa mempengaruhi posisi Tokopedia di mesin pencari. Perannya sebagai SEO Specialist menuntut Frans menyelesaikan struktur URL tersebut satu demi satu. Tak tanggung-tanggung, masalah ternyata mencapai berjuta-juta halaman! Untungnya Frans mengambil studinya di jurusan Business Administrasion yang memungkinkan dia mempertajam kemampuannya dalam analytical thinking, sebuah technical skill yang bagi Frans sangatlah penting. Dikombinasikan dengan kemampuan lainnya, persoalan tersebut bisa ia lalui.

Awal bergabung dengan Tokopedia, Frans memiliki ekspektasi untuk belajar banyak dan juga menjelajah banyak hal lain di luar SEO. Saat ditanya bagaimana pendapat dia bekerja di Tokopedia, Frans pun mengaku nyaman. Alasan utama adalah peran Frans sebagai SEO Specialist saat ini memberikan banyak masalah. Sehingga skill-nya dalam problem solving semakin terasah, terutama dalam SEO.

Dulu, Frans bergabung dengan Tokopedia dengan ambisi membawa Tokopedia to the next level! Hebatnya, ambisi tersebut terwujud dengan banyaknya perubahan positif dari Tokopedia yang dahulu hingga berevolusi menjadi seperti saat ini. Tapi ternyata, Frans enggan merasa puas dengan peran dan kontribusinya, karena Frans justru menargetkan dalam lima tahun lagi akan mengalahkan Tokopedia! Wahh, mungkinkah Frans akan membangun startupnya sendiri? Semoga sukses dalam mengejar ambisinya ya!


"Banyak hal yang bisa lo temukan setiap hari di Tokopedia, gak cuma kerjaan doang. Tapi also being part of the ecosystem. Never expect that lo bakal belajar sedalam-dalamnya yang lo pengen. Tapi expect untuk bisa belajar banyak dari bidang di lain bidang lo, dan juga apa yang bisa lo ajarin ke nakama-nakama sekalian. Intinya don’t be picky about what you learn."
- Frans Fernando

P.S. Frans adalah coach kami di Nakama Academy yang memberikan tugas Blogging. Mungkin hanya sebentar, tapi Thanks a lot, Frans! Dengan tugas ini, Nakacrow kini menjadi lebih eksis di dunia maya sekaligus mendapat alasan untuk PDKT lebih dekat dengan para Nakama melalui tugas ini.

You Might Also Like

0 komentar