Meriahnya Nakama Academy Batch 4

November 09, 2015



Dear topper’s, pernah dengar tentang “Nakama Academy” belum? Bagi temen-temen yang menjadi new Nakama di Tokopedia, pasti akan mengikuti event seru ini. Eh iya, buat yang baru gabung pasti bingung “Nakama” itu apaan… di Tokopedia, kita menamai rekan-rekan kerja dengan istilah “Nakama”. Nakama atau “仲間” diambil dari bahasa jepang yang berarti “Friend”, teman, atau sahabat.


Nah, di Nakama Academy, kita akan diperkenalkan dengan apa itu Tokopedia, visi dan misi Tokopedia, divisi-divisi yang ada, work environment, serta masih banyak lagi yang lainnya, sebelum menjadi nakama sepenuhnya. Ada game-game seru yang dibawakan oleh para coach-coach yang mereka semua adalah Nakama-nakama di tokopedia.

Di nakama academy kita dibagi menjadi beberapa tim, dimana masing-masing tim terdiri dari minimal 1 orang IT, dan 1 orang designer. Tiap tim diwajibkan mengikuti salah satu Nakama Academy Clan, kalo kita nih ikut yang clan "Crow". Kenapa Crow? ya Item manis gitu.... hohohoho... #becanda... Selain Crow masih ada banyak clan lainnya seperti Clan Sugar Glider, Naga, Bear, Komodo, dan lainnya.. #eh maaf lupa.... :p
Naka Crow Members

Ada banyak pelajaran yang dapat diambil dari game dan event-event yang ada di Nakama Academy ini, misalnya saja saya sebagai seorang yang berada di divisi IT bisa mempelajari bagaimana sih rasanya menjadi bagian Operasional, bagaimana caranya melakukan konfirmasi terhadap transfer uang, cara menjawab komplain, dan masih banyak lagi yang lainnya. Begitu juga dengan teman teman dari tim lain ketika diperkenalkan dengan divisi lain, mereka akan mempelajari bagaimana tim tersebut bekerja.

Membuat Produk yang bermanfaat.

Selain mempelajari bagaimana divisi lain bekerja, kita juga bisa mengambil banyak pelajaran dari game-game yang ada. Misalkan saja Game “membuat produk yang bermanfaat”, dalam game itu, kita dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok diberikan 5 lembar kertas, dan disuruh membuat origami Burung, perahu dan pesawat dalam waktu 15 menit. Masing-masing memiliki point: Burung 300 point, perahu 200 dan pesawat 100 point. 



Pelajaran menarik yang bisa diambil dari game itu yakni: 
  • buat sesuatu yang bisa dipakai, bukan sekedar asal jadi.
  • don’t be panic, do work excellently not doing work fastest…

Analytical thinking.

Game menarik lainnya yang sempat sy dokumentasikan yakni game analytical thinking. Pada game ini per orang anggota tim hanya boleh menjawab persis satu pertanyaan. Akan tetapi anggota tim yang sudah menjawab pertanyaan bisa menjelaskan kepada temannya yang belum tau jawabannya untuk menjawab.

Pelajaran yang bisa diambil dari permainan ini yakni:
  • menjelaskan kepada anggota tim yang belum paham sesuatu itu cukup sulit.
  • Terutama untuk mencari kalimat/kata2 yang mudah dimengerti oleh si lawan bicara.
  • ketika menghadapi masalah, permisalan itu penting.

Problem Solving.


Pada game ini, semua tim ditunjukkan pada semuah kasus mengenai masalah di sebuah perusahaan. Masing-masing tim disuruh untuk mencari divisi manakah yang memiliki prioritas paling bersalah atas permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut.

Pelajaran yang dapat diambil dari kasus ini yakni:
  • Jika ada masalah jangan salah-menyalahkan, 
  • lebih baik mencari solusi ketimbang saling menyalahkan.


Perkenalan dengan Divisi-divisi di Tokopedia.

Tokopedia memiliki beberapa divisi operasional, Human resource, Technology, Creative, dan masih banyak lagi lainnya..
Pada setiap sesi perkenalan divisi ini, kita diberikan permainan “bagaimana menjadi” orang yang bekerja di divisi tersebut. Yang seru di setiap permainan ini yakni kita sebagai karyawan baru jadi mengetahui bagaimana nanti kita akan bekerja. Bagi yang berada di divisi lain juga jadi tau bagaimana divisi lain bekerja, sehingga kita bisa tau bagaimana sulitnya pekerjaan mereka.

Nah, kalo dalam permainan pasti ada yang menang dan ada yang kalah toh, nah ini nih salah satu anggota tim Crow yang kena hukuman, di suruh nyanyi... :D


Ada lagi nih tim lain yang dapet hukuman.



New Nakama's Big Project


Untuk mengenal lebih dekat dengan para new nakama, serta para nakama di tokopedia yang telah bergabung sebelumnya, di Nakama Academy ini kita dikasi tugas untuk melakukan wawancara kepada para nakama dan para new Nakama. Nah, wawancara ini nggak hanya dilakukan kepada orang-orang di satu divisi aja... malah kita diharuskan untuk mewawancarai dari divisi lain juga minimal 3 orang dari setiap divisi.

Selain itu, Blog ini juga salah satu tugas para New Nakama. Tujuannya sih kalo menurut Ane, agar kita para new Nakama mengenal lebih dalam tentang Tokopedia, melakukan observasi lebih jauh mengenai bagaimana lingkungan kerja di Tokopedia, perkenalan dengan para nakama baru, dan mengungkapkannya ke dalam bentuk tulisan. 



Kemeriahan Nakama Academy.

Mau lihat serunya Nakama Academy batch 4 ini?? yuk saksikan di video-video berikut ini....












Sebenarnya masih banyak yang seru di Nakama Academy, cuma sayang sekali. Dokumentasi kami nggak terlalu lengkap. :D

See you there in Tokopedia as a new Nakama...

You Might Also Like

0 komentar