Kreatif Muda, Yuk Kita Bantu Majukan UKM lewat Toko Online

Februari 07, 2017

Hai, guys! Tahu tidak, Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan sumber daya manusianya, loh. Karena sebagian besar orang Indonesia mampu melakukan keterampilan tangan yang tidak semua negara-negara lain bisa miliki, seperti menganyam bambu, memahat kayu, membuat tembikar dan lain-lain. Dan biasanya orang-orang tersebut mulai menggunakan keahliannya untuk membuat suatu barang yang mempunyai nilai market able yang bagus. Tentu mereka tak sembarangan dalam mencari riset pasar yang sesuai dengan momentum tren Indonesia saat ini. Bahkan sudah banyak diantara mereka yang mulai membuat mitra usaha yang disebut UKM (Usaha Kecil Menengah) yang sekarang banyak dilakukan para wirasuhasawan baru.


Namun kendalanya, ternyata sampai sekarang, masih banyak dari UKM yang minim akan referensi dan pengetahuan mengenai bisnis online. Padahal bisnis secara online mempermudah UKM dalam mendapatkan untung yang lebih banyak. Nah, karena ketidaktahuan mereka itulah yang menyebabkan jumlah netpreneur – para wirausahawan online –  masih tergolong sedikit dibanding pelaku profesi lainnya.
Padahal di zaman sekarang, perkembangan teknologi seperti internet semakin digemari oleh masyarakat sebagai sumber informasi yang sangat praktis. Maka dari itu, sebagai kreatif muda yang mempunyai semangat bisnis berwirausaha, yuk, kita bantu mengedukasi mereka untuk dapat membuka Toko Online dengan mudah. Tidak hanya lebih praktis tapi juga bisa menjadi media untuk berpromosi dengan biaya promosi relatif terjangkau. Selain itu jangkauan dari media online ini juga sangat luas bahkan hingga ke seluruh dunia. Website yang seringkali digunakan oleh kepentingan bisnis atau promosi ini biasanya dikemas dalam bentuk Toko Online (Shop Online).
Jika ingin memasarkan berbagai produk UKM, maka kita hanya perlu memasang gambar produk yang hendak dijual. Namun sebelum itu, yuk, kita jelaskan apa sih manfaat toko online untuk UKM:

  1. Jangkauan yang lebih luas
Toko online sudah jelas terkoneksi oleh internet, sehingga bisa dikatakan UKM tersebut mampu memasarkan produk-produk yang telah dibuatnya ke semua akses terluas dan bisa dilihat oleh siapapun.
  1. Layanan 24 jam
Manfaat toko online untuk UKM yaitu layanan yang bisa diberikan ke pengunjung hingga 24 jam. Karena toko online secara fungsi bisa diakses kapanpun dan dimanapun kita inginkan.
  1. Sebagai media marketing
Untuk memperkenalkan produk-produk yang dijual oleh pemilik UKM, tentu kita memerlukan sebuah promosi agar masyarakat tahu apa yang kita jual. Maka dari itu, buatlah iklan produk lebih menarik, berikanlah deskripsi produk secara detail dan berikan penawaran yang menarik.
  1. Menghemat biaya
Menjual produk secara online tidak perlu melakukan biaya sedikitpun untuk menjual dagangannya, beda dengan offline yang memerlukan sewa tempat untuk berjualan. Yang diperlukan adalah akses internet yang memadai agar toko yang dibuat dapat terus dipantau.
Dari penjabaran di atas, bisa kita bayangkan betapa mudah dan bermanfaat, bukan? Jadi kreatif muda, yuk kita ajarkan teman-teman kreatif lainnya yang saat ini sedang berusaha mengembangkan UKM, untuk mencoba memasarkan produk melalui media online.
Tapi, kita juga harus tahu beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pemilik UKM yang ingin meng-online-kan produknya karena sebuah Toko Online memerlukan pengelolaan yang bagus agar dapat menarik minat pembeli. Maka dari itu, untuk mempermudah setiap proses jual beli online, ada sebuah platform online marketplace yang biasanya banyak digemari oleh netpreneur, salah satunya Tokopedia. Sebuah tempat jual beli online yang cukup praktis, karena kita bisa membuat toko online kita sendiri TANPA BIAYA atau GRATIS! Kita hanya perlu sign in dan otomatis kita bisa berkontribusi sebagai seller di dalamnya. Yuk, kita coba! :D

You Might Also Like

0 komentar