Kami bangga ikut Nakama Academy Tokopedia!

Desember 03, 2015

"Gila, ternyata ikut academy dulu nih sebelum kerja?"

Itu pikiran kami saat pertama kali masuk "kerja" di Tokopedia. Setelah interview dan dapet offering letter, kami kira kami akan langsung kerja jadi pegawai... Eh, ternyata enggak?!


Kaget, bingung, takut, tapi EXCITED! Itu yang kami rasakan pada tanggal 1 Desember 2015; hari pertama Nakama Academy batch 5. Mungkin kalian belum tau apa itu Nakama, dan apa sih Nakama Academy sebenarnya? 

Jadi, dalam bahasa Jepang, kata Nakama itu artinya hubungan sahabat yang sudah sangat dekat, yang sudah dianggap seperti keluarga. Nah, Nakama ini dipakai oleh Tokopedia sebagai panggilan untuk semua karyawannya. Culture di Tokopedia ini memang sangat kental, dan dapat mudah terlihat betapa akrabnya satu Nakama dengan yang lain. 

Saat kami melihat hal itu, kami baru mengerti mengapa Tokopedia menyebut karyawannya Nakama. Itu juga yang kami rasakan saat kami ikut Nakama Academy di Tokopedia ini. Kami merasa sangat welcomed dan sangat nyaman! Baru kali ini kami masuk ke dalam environment baru, dan dapat beradaptasi sangat cepat. 

Di Nakama Academy juga tidak ada yang namanya senioritas, individualistic, and we all blend in really well. Bahkan, saat kami melakukan kesalahan (pada saat menjawab pertanyaan, misalnya), kami malah disemangati karena telah berani mencoba. Kami merasa sangat dipercaya dan dihargai oleh Tokopedia. We feel like treasures! Dengan culture yang hangat seperti itu, membuat kami semangat untuk belajar lebih dan untuk menjadi diri sendiri (And there's nothing better than that!). 

Kami belajar banyak di Nakama Academy. Kami dapet teori-teori yang diperlukan untuk menjadi dasar kami bekerja. Dari visi misi Tokopedia yang ingin membangun Indonesia lewat Internet, cara berpikir yang luas, analytical thinking, problem solving, sampai menjadi customer care yang baik. Pelajaran yang kami dapat bukan hanya dapat diterapkan dalam Tokopedia, tetapi juga untuk kedepannya. Kami merasa pelajaran-pelajaran di Nakama Academy ini sangat berharga.

Selain teori, kami juga mendapat pelajaran hidup agar tidak patah semangat, untuk selalu mencari opportunity dalam kesusahan, dan untuk selalu percaya bahwa kita bisa! Disitu kepercayaan diri kami menanjak, dan kami feel way better of ourselves

Kami sangat bangga ikut Nakama Academy Tokopedia dan akan lebih bangga lagi jika kita sudah 'lulus' menjadi Nakama yang sebenarnya. Sebagai bukti betapa kata "Nakama" terterap di dalam Tokopedia, kami akan melampirkan sebuah video yang menunjukkan betapa indahnya menjadi Nakama:



Kalau ada Nakama/NewKama yang mau share pengalaman seru di Tokopedia, tulis di comment ya!


You Might Also Like

0 komentar